Senin, 08 April 2013

Dipilih, Dipilih, Dipilih Tulisannya!

Punya halaman blog itu, layaknya para pedagang yang buka toko dengan berbagai jenis barang dagangan. Bedanya, di blog tidak semua hasil akhirnya selalu dinilai dengan uang. Tapi apapun jenis blognya, kepuasan seorang blogger adalah saat mengetahui tulisannya masih memiliki pembaca. Minimal setiap hari ada satu pengunjung blog. Syukur-syukur jika pengunjungnya mencapai jumlah puluhan, ratusan, bahkan ribuan per harinya.

Seperti blog ini, pada awalnya sama sekali tidak terbayangkan akan mendapat kunjungan setiap harinya, apalagi dengan jumlah yang fantastis. Karena niat awal memiliki blog pribadi, hanya untuk mengamankan tulisan-tulisan yang semula tersimpan di laptop, dari risiko terhapus atau terinfeksi virus. Tujuan lainnya untuk menuntaskan rasa penasaran apa itu blog, terutama setelah sekian lama berselancar di internet, dan menemukan bahwa banyak sekali penduduk bumi yang membuka "lapak" blog pribadinya.

Ternyata seiring berjalannya waktu, ditambah kekonsistenan untuk meng-update tulisan dan blogwalking ke "lapak" blogger lain (beberapa waktu terakhir memang jarang update dan blogwalking sih), sekitar 30 pengunjung sudah menjadi jumlah minimal per harinya. Sedangkan jumlah maksimalnya pernah mencapai angka 95. Ya, pasti tidak semuanya benar-benar membaca karena bisa saja hanya terpaksa meng-klik, dan segera pergi karena informasi yang disajikan tidak sesuai harapan. Beberapa di antaranya ada yang kembali lagi membaca tulisan lainnya, dan banyak juga yang memutuskan tidak pernah datang lagi mengunjungi blog ini karena merasa isinya tidak menarik.

Begitulah, seperti pembeli yang jumlahnya tidak menentu, baik sekedar mampir atau benar-benar membeli barang yang dijual. Ada yang merasa puas dengan barang yang dibeli, dan suatu saat kembali lagi ke toko tersebut, biasa disebut juga pelanggan. Ada pula yang kecewa dengan kualitas barangnya, dan tidak akan pernah lagi belanja di toko itu.

Bagaimana pun itu, kembali pada selera masing-masing individu. Ada pengunjung yang menyukai tulisan kita atau merasa terbantu mendapatkan informasi penting, ada juga yang merasa bosan dan muak pada tulisan kita karena berbagai alasan. Itu sah-sah saja, apalagi untuk ukuran blog pribadi yang sudah tentu empunya blog, bebas menuangkan segala pendapatnya di halaman "lapak"-nya sendiri. 

Jadi, sedikit atau banyak jumlah pengunjungnya, bukan hal terpenting meski memang menjadi salah satu nilai sebuah blog di dunia maya. Yang terpenting adalah kesungguhan kita sebagai blogger untuk melakukan aksi di berbagai bidang, dengan memulainya lewat tulisan, foto, video, atau apapun yang dapat dibagi melalui sebuah blog. Keep blogging ^_^!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar