Jumat, 01 Februari 2013

Review Makna Lagu "Goose's Dream"

Today is for song's review again. Masih dari lagu Korea yang merupakan salah satu lagu yang dinyanyikan dalam drama serial "Dream High", tepatnya dinyanyikan oleh pemeran Go Hye Mi (Suzy Miss A) dan Hyun Baek Hee (Eunjung T-ara) saat mereka mengikuti audisi masuk sekolah khusus musik KIRIN. Suaranya powerful, cocok dengan lagunya yang menceritakan sebuah impian di masa depan. Impian yang dapat kita wujudkan walau sebagian orang menganggap remeh impian itu, atau menyepelekan kemampuan kita untuk mencapai impian yang diinginkan.

Tidak usah berpanjang-panjang kata pembuka, mari kita bahas mengenai lirik lagu Goose's Dream, sekaligus penulis mencoba men-translate-nya dari bahasa Inggris. Kalau ada yang ingin mengetahui tulisan dalam bahasa Korea dan bahasa Inggrisnya secara full silahkan saja klik di sini, penulis memang menjadikan blog tersebut sebagai referensi utama di samping google translate dalam pembuatan tulisan kali ini. Maaf kalau pemenggalan kalimat atau penafsirannya kurang sesuai, silahkan diberitahu yang benar ya kalau ada yang mengetahui letak kesalahannya. Mari kita mulai.....

*"....." (Terjemahan bahasa Indonesia)


Goose's Dream (Suzy Miss A-Eunjung T-ara)
"Mimpi/Impian Seekor Angsa"

Ulasan singkat: Kenapa harus Angsa ya? Sebelum lanjut ke lirik lagunya, penulis sekedar menebak bahwa filosofinya berhubungan dengan sebuah dongeng tentang itik yang buruk rupa, tidak seperti saudara lainnya sesama anak dari induk bebek. Nyaris semua orang (eh, hewan maksudnya) selalu mengejek dan menjauhi si itik buruk rupa. Ternyata di kemudian hari, terkuaklah fakta bahwa si itik buruk rupa itu sebenarnya bukan anak kandung dari induk bebek. Melainkan seekor angsa, yang memang saat masih kecil memiliki penampilan "buruk", tetapi saat dewasa berubah menjadi sosok yang begitu anggun dan cantik. Sama seperti seseorang yang memiliki impian yang ingin diraih dalam hidup. Bukankah tidak semua orang sukses, lahir dalam keadaan sudah sukses, tampan, cantik, berlimpah materi dan kasih sayang? Tapi mereka bisa membuktikan pada dunia, bahwa kesulitan/keterbatasan mereka di masa lalu bisa diubah menjadi suatu hal yang super sekali (maaf Pak Mario Teguh, dikutip ya kata-katanya ^_^), memberikan kebahagiaan untuk dirinya sendiri dan juga orang-orang di sekitarnya.


I have a dream,
Even if I’m thrown away or ripped to shreds
Deep in my heart I have a dream as precious as gem
If by chance, without a reason,
Somebody ridicules me behind my back
I should be patient I would wait just for that day.

"Aku punya sebuah mimpi, bahkan sekalipun Aku terbuang atau tercabik-cabik.
Jauh di dalam hatiku, kumiliki sebuah mimpi yang berharga seperti permata.
Jika dalam suatu kesempatan, tanpa alasan, seseorang menertawakanku dari belakang,
Aku harus bersabar menunggu hari itu."

Ulasan singkat: Setiap manusia berhak memiliki impian, sekalipun mereka yang dikucilkan, dibenci, atau bahkan tidak pernah dianggap ada. Sekecil apa pun impian itu di mata orang lain, diri kita sendiri tetaplah menganggap impian adalah hal yang sangat berharga layaknya (seharusnya melebihi) nilai sebuah permata. Pengandaian permata mungkin karena sangat jarang orang yang mampu membeli sebuah batu permata, kalau sudah dibeli, menjaganya juga tidak mudah. Harus disimpan dan dibersihkan dengan cara yang tepat supaya tidak rusak atau hilang. Begitu pula dengan sebuah mimpi/impian. Tidak mudah menemukan apa impian yang sungguh-sungguh ingin kita capai. Saat sudah tahu ingin meraih impian seperti apa, juga kita masih harus bersusah payah berusaha supaya impian tidak hanya sekedar menjadi mimpi (khayalan). Berusaha keras, dan terus memantapkan hati untuk melalui berbagai tantangan demi impian yang ingin diraih. Kadang tantangan tidak selalu tentang hambatan terkait usaha kita meraih impian, tetapi juga cemoohan atau pandangan orang lain yang menganggap kita tidak mampu meraih impian itu. Atau saat impian kita dianggap terlalu tinggi atau terlalu rendah, banyak yang akan menertawakan. Tetap tenang, fokus pada pencapaian impian, dan bersabarlah karena hari itu (saat impian terwujud) akan datang.


As you always worry, You say that foolish dreams are poisonous.
Just like a book that tells us about the end of the world
There’s the reality that we can’t turn back already
Yes I have a dream.
I believe in that dream
Please watch over me
Standing in front of that cold wall called fate
I can firmly face it.

"Seperti yang selalu kalian khawatirkan, kalian katakan bahwa mimpi yang bodoh itu adalah racun.
Seperti sebuah buku yang menceritakan tentang akhir dunia.
Kenyataan bahwa kita tidak dapat kembali lagi.
Ya, Aku punya mimpi.
Aku percaya pada mimpi itu.
Lihatlah diriku.
Berdiri di depan dinding dingin itu yang disebut nasib.
Aku sungguh-sungguh mampu menghadapinya."

Ulasan singkat: Mereka yang mencemooh mimpi kita, berkata bahwa bermimpi/memiliki impian (mereka bilang aneh, bodoh, dll.) adalah sebuah racun bagi diri kita sendiri. Sebenarnya penulis masih agak bingung dengan perumpamaan di kalimat kedua, tapi sepertinya ingin menunjukkan bahwa sekalipun esok adalah hari kiamat/akhir dunia, kita tidak boleh melepaskan impian begitu saja. Tetaplah optimis dan percaya bahwa suatu saat mimpi itu akan menjadi nyata. Masalah nasib atau takdir adalah suatu kepastian, tetapi sebagai manusia, kita tetap harus berusaha untuk menjadikan hidup lebih baik, tidak serta merta pasrah pada takdir tanpa melakukan apa pun.


One day I will pass over that wall And be able to fly As high as the sky
This heavy thing called life can’t tie me down
At the end of my life,
on the other day that I can smile, let’s be together
Yes I have a dream. I believe in that dream
Please watch over me
Standing in front of that cold wall called fate
I can firmly face it
One day I will pass over that wall And be able to fly As high as the sky
This heavy thing called life can’t tie me down
At the end of my life, on the other day that I can smile, let’s be together
Yes I, I have a dream I believe in that dream.
Please watch over me
Standing in front of that cold wall called fate.
I can firmly face it One day I will pass over that wall And be able to fly As high as the sky
This heavy thing called life can’t tie me down
At the end of my life, on the other day that I can smile, let’s be together

"Suatu hari Aku akan mampu melewati dinding itu, dan terbang setinggi langit.
Hal yang berat (sulit) ini menunjukkan bahwa kehidupan tidak bisa mengikatku.
Di akhir hidupku, di lain hari saat ku bisa tersenyum, mari tersenyum bersama.
Ya, Aku punya sebuah mimpi. Aku percaya pada mimpi itu."

Ulasan singkat: Sampai hari itu datang, suatu saat kita bisa melewati batas (yang sebelumnya dianggap tidak mampu sampai ke sana). Seringkali saat kita berhasil meraih impian kita, ada perasaan kaget, tidak percaya, dan terkejut bahwa kita mampu melalui segala rintangan sampai akhirnya impian terwujud. Hal tersebut membuktikan bahwa hidup tidak bisa mengikat, mungkin bermakna bahwa ternyata ada kalanya kita seolah bisa mengubah takdir/nasib jika mau berusaha melakukan sesuatu. Dan akhirnya saat impian itu terwujud, kita tentu akan mampu tersenyum kepada dunia. Bahkan juga mengajak orang-orang di sekeliling kita ikut tersenyum, termasuk mereka yang sebelumnya menertawakan impian kita. Ini adalah sebuah hal yang bisa kita buktikan jika kita percaya pada sebuah mimpi/impian di hati kita. Dan tidak lupa berusaha melangkah mewujudkan setiap impian yang ingin diraih. Keep fighting :).

Sumber lirik dalam bahasa Inggris: http://shafirasurya.wordpress.com/2011/03/11/98/

 

1 komentar: