Kamis, 24 Januari 2013

Missing Chibi Maruko Chan :)

Hal yang menyenangkan hati, banyak sekali bahkan kalau kita bermimpi
Sekarang ganti baju, agar menarik hati
Ayo kita mencari teman.....

Jalan panjang menuju langit biru
Tiba-tiba kulihat seorang anak
Yang menemukan harta karun di dalam sana
Alangkah senangnya dan hati gembira

Wangi angin padang rumput di sore hari
Sampaikan salam gembira

Hal yang menyenangkan hati, banyak sekali bahkan kalau kita bermimpi
Sekarang ganti baju, agar menarik hati
Ayo kita mencari teman.....

(Ost. Chibi Maruko Chan)


Hehe tiba-tiba ingat sama kartun zaman dulu yang jumlahnya amat sangat banyak dan memang cocok untuk usia anak-anak. Tidak seperti sekarang, sangat sedikit acara anak-anak, yang memang benar-benar sesuai dengan perkembangan usia mereka. Dulu RCTI menjadi channel TV favorit Saya setiap Minggu pagi, sedangkan adik yang laki-laki lebih suka menonton rangkaian acara anak di Indosiar, seperti Power Rangers (sempat ikutan nge-fans sama ranger kuning), Ultraman, Jiban dan Kak Kotaro si Satria Baja hitam (malah yang terakhir ini sempat punya kaset rekaman cerita filmnya). Untungnya masih bisa bergantian karena jam tayang Doraemon dan Chibi Maruko Chan di RCTI saat itu, tidak bentrok dengan tayangan favorit adik. Kalaupun bentrok maka harus terima konsekuensi gantian beranjak dari kursi setiap kali jeda iklan untuk ganti channel (belum pakai remote TV soalnya).

Doraemon sih masih tetap tayang sampai saat ini, mungkin karena penulisnya sudah wafat sebelum sempat menamatkan kisahnya. Alhasil kita cuma bisa menebak sendiri ending Doraemon, dan tetap mengenang terus kisahnya sepanjang masa. Nah, satu kartun yang sekarang sudah tidak ditayangkan lagi yaitu Chibi Maruko Chan. Tentang seorang anak perempuan yang sebenarnya baik, tapi entah kenapa seringkali apapun yang dilakukannya menjadi sebuah kesalahan atau kekonyolan yang memalukan. Kadang dia juga merasa minder sama kakaknya, yang (kalau tidak salah ingat ya) mendapat prestasi bagus di sekolah, dan selalu menjaga kerapihan serta kebersihan.

Masih ingat sama satu episode yang menceritakan tentang jadwal guru main ke rumah siswa, dan memeriksa keadaan kamar mereka. Jadi Maruko kan sekamar sama kakaknya, tentu saja meja belajarnya sebelahan di dalam satu kamar. Jelas sekali perbedaan mereka berdua, si kakak meja belajarnya sangat rapih, sedangkan meja belajar Maruko sangat berantakan (di bawah meja juga banyak sampah). Maruko mulai panik dan  juga sedikit iri, karena selama ini merasa semua orang selalu membandingkannya dengan kelebihan kakaknya. Kemudian Maruko punya ide yang menurutnya brilian (padahal sih licik), yaitu mengalihkan segala benda dan sampah ke daerah meja belajar kakaknya. Jadi keadaan berbalik, meja belajar milik Maruko lah yang sekarang sangat rapi. Kayaknya waktu itu kakaknya sampai menangis saking malu sama guru *_*. Tapi akhirnya mereka berbaikan dan Maruko mau meminta maaf atas kesalahannya itu. Satu-satunya episode yang masih terekam agak jelas di memori.

Tapi intinya Chibi Maruko Chan itu memberikan pesan moral yang cukup ngena buat anak-anak usia SD. Dibandingkan Doraemon yang seolah membuat anak selalu bergantung sama orang lain, Chibi Maruko Chan menunjukkan kejadian yang jelas nyata dialami anak-anak usia SD. Juga menunjukkan tidak selamanya apa yang terjadi sesuai harapan kita, tapi selalu ada yang bisa diambil hikmahnya saat melakukan kesalahan supaya tidak mengulangnya. Terutama tentang hubungan kakak dan adik, yang pada usia seperti itu sering berkelahi. Bagaimana menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.

Kalau boleh request nih ya, sebaiknya penayangan Shinchan diganti dengan Chibi Maruko Chan saja. Sebenarnya Shinchan juga menghibur, tetapi hanya untuk penonton remaja atau dewasa (Saya juga masih merasa terhibur karena tingkah polah Shinchan). Tapi untuk anak-anak usia SD atau lebih kecil lagi, rasanya sangat kurang pantas mengingat Shinchan yang sering bersikap tidak sopan pada orang dewasa. Ada yang setuju dengan pendapat Saya? Mari dukung Chibi Maruko Chan ditayangkan kembali di TV ^_^.


5 komentar:

  1. Balasan
    1. Makasih sudah mendukung sista Dessy :), Silahkan bapak-bapak/ibu-ibu yang berwenang di stasiun TV tolong tayangkan Chibi Maruko Chan lagi.

      Hapus
  2. Saya juga berharap kartun ini tayang lagi.karena saya fans berat cmc

    BalasHapus