Sabtu, 09 Februari 2013

Imlek 2013

Besok tanggal merah ya? Hehe baru nyadar, soalnya besok itu hari Minggu, jadi kurang berasa tanggal merahnya. Iya, tanggal merah untuk Imlek, tahun barunya orang Cina. Sempat dulu Saya kira Imlek itu hari raya agama tertentu. Ternyata salah ya, Imlek itu tahun barunya orang yang berasal/keturunan Cina.

Jadi ingat pernah diceritain kalau Almarhum kakek dari ibu, konon masih ada keturunan cina. Pantas saja beberapa saudara ada yang berwajah agak oriental dengan mata sipit. Beda dengan Saya yang sepertinya sudah tidak dapat warisan gen ke-Cina-an. Tidak masalah, toh dengan kulit sawo matang pun tetap terlihat manis (pede banget ya) dan lebih Indonesia.

Pantas saja tayangan di TV sudah bertemakan Imlek sejak beberapa hari yang lalu. Acara kuliner membahas Kue Keranjang yang mirip Dodol Betawi. Film-film layar lebar yang ditayangkan di TV, didominasi oleh film dengan pemeran utama Jackie Chan, Stephen Chow, dkk. Dan tidak ketinggalan liputan mengenai pertunjukan Barongsai, yang pemainnya ternyata banyak anak-anak di bawah 12 Tahun.

Para selebritis yang merayakan Imlek pun, jadi sering diwawancarai mengenai apa saja kegiatan yang akan dilakukan dalam perayaan menyambut tahun Ular ini. Satu hal yang unik adalah tradisi memberikan-mendapat angpau (semacam uang lebaran pada hari raya Idul Fitri di kalangan Muslim). Konon mereka yang berkewajiban memberikan angpau adalah mereka yang sudah menikah. Bahkan tidak ada batasan dari umur untuk berhenti mendapat angpau, tapi batasannnya adalah status menikah. Jadi selama belum menikah, walau sudah memiliki penghasilan sendiri, masih akan tetap mendapat angpau.

Sekedar ingin update tulisan baru menjelang pergantian tahun baru warga Tionghoa. Selamat menikmati liburan esok ya :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar