Rabu, 23 Januari 2013

Plong Is Lega

Rahasia. Rasanya tidak mungkin ada seseorang yang tidak menyimpan satu pun rahasia dalam hidupnya. Bahkan menurutku banyak yang menyimpan begitu banyak rahasia, dengan berbagai alasan. Dan tahukah kalian, terkadang diri kita akan sampai suatu batas di mana ingin sekali meluapkan rahasia supaya melegakan sedikit beban di hati. Terlebih jika rahasia yang dulu kita putuskan untuk memendamnya ini, berkaitan dengan orang lain. 

Jika rahasia ini hanya masalah diri sendiri, maka kita bisa mendiskusikannya (lebih tepatnya memohon petunjuk) kepada Tuhan saat berdoa. Sedangkan jika kita menyimpan rahasia terkait orang lain, tidak semua dari kita akan cukup merasa lega hanya dengan menceritakan rahasia itu kepada Tuhan. Inilah yang mungkin membuat seseorang merasa plong saat satu saja rahasia hidupnya dapat dibagi dengan orang lain. Kita semua (orang Indonesia aja kali bu...) tahu kan, kalau plong itu artinya..... Lega ^_^.

Lega tidak selalu identik dengan happy ending, bisa juga dengan akhir yang tidak diharapkan. Tapi setidaknya saat rasa lega itu didapatkan, kita dapat melangkah lagi tanpa harus merisaukan atau menjadi galau berkepanjangan hanya karena sebuah rahasia atau sesuatu hal yang ingin (terpaksa) dirahasiakan itu.

Tidak semua orang mampu mengungkapkan isi hatinya secara terang-terangan, dan tetap memilih untuk bungkam sampai waktu yang tidak ditentukan. Silahkan bagi mereka yang benar-benar yakin mampu mengalahkan perasaannya dengan logika. Tetapi jika merasa tidak mampu, dan telah dikalahkan oleh perasaan selama bertahun-tahun, ungkapkan saja walau hanya sebagian kecil potongan dari rahasia itu.

Setidaknya perlahan perasaan yang mendominasimu itu akan mampu dinetralisir dengan logika yang sudah dikuatkan oleh fakta yang sudah terlihat. Fakta yang menegaskan bahwa tidak ada gunanya lagi tetap merisaukan rahasia itu, karena diri kita yang masih bimbang. Memutuskan mengungkap rahasia itu atau terus memendamnya. Toh, kita tidak tahu kapan Izrail menjemput. Setidaknya dengan menegaskan hati ini, membuat kita bisa mengisi sisa waktu dengan hal yang lebih baik dan penting.

Dan yang terpenting, munculnya setitik rasa lega dan kekuatan untuk meyakinkan diri untuk bisa move on (eh...). Jangan tanya apa yang membuatku sedikit lega, dan jangan penasaran juga bagaimana endingnya? Intinya yakin bisa move on -_^.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar