Senin, 22 Juli 2013

Resep Camilan Praktis (Kembang Kol Mantel Tepung)

KEMBANG KOL MANTEL TEPUNG
Dokumentasi pribadi

Bahan:
  • ½ bagian kembang kol (potong menjadi bagian-bagian lebih kecil) 
  • 10 sdm tepung terigu 
  • Air secukupnya 
  • 1 sdt garam 
  • ½ sdt merica bubuk 
  • Minyak goreng
*Untuk 4 – 6 orang

Cara Membuat:
1.      Cuci bersih kembang kol, kemudian potong menjadi bagian berukuran sedang, atau sesuai cabang tangkai kembang kol.

2.      Campur tepung terigu, garam, merica, dan air secukupnya, dalam sebuah mangkuk berukuran sedang. Aduk rata sampai seluruh bahan tercampur rata.

3.      Panaskan minyak dalam wajan, dengan nyala api sedang. Celupkan kembang kol  ke dalam adonan tepung, sampai seluruh bagian terbalut tepung. Masukkan ke dalam minyak yang sudah panas, goreng sampai berwarna kuning kecokelatan dan mengeluarkan aroma seperti bakwan. Kecilkan api jika minyak sudah terlalu panas supaya tidak cepat hangus.

4.      Angkat kembang kol mantel tepung dari minyak goreng, tiriskan, dan sajikan sebagai camilan sehat supaya anak mau makan sayur. Dengan resep yang hampir sama, sayuran seperti brokoli, wortel, atau terong juga dapat digunakan sebagai variasi menu sayuran yang digoreng dengan tepung.


Info Cerdas
Hampir semua sayuran mengandung banyak air, terlebih setelah dicuci. Sebaiknya adonan tepung untuk menggoreng sayur-mayur, memiliki tekstur yang agak kental, supaya tidak menjadi terlalu encer setelah dicelupkan sayur. Jika terlalu encer, tepung tidak akan menempel pada sayur saat digoreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar