Sabtu, 15 Juni 2013

Aneka Buah Obat (Strawberry)

46.
STRAWBERRY

Strawberry memiliki warna merah mencolok dengan ukuran buah yang kecil. Biji buahnya berada di bagian luar kulit dan berukuran sangat kecil. Tanaman Strawberry hanya dapat hidup di dataran tinggi dan sejuk udaranya, sehingga kebun strawberry banyak dijadikan tempat wisata di daerah pegunungan. Strawberry sering dijadikan bahan dasar atau pelengkap untuk berbagai makanan dan minuman yang manis dan segar.

Sebaiknya Strawberry dikonsumsi dalam keadaan segar dengan cara dimakan langsung atau diminum dalam bentuk jus atau sari buah karena nutrisinya dapat berkurang jika sudah mengalami proses pengolahan atau pemasakan seperti dibuat selai, sirup, dan makanan lain hasil olahan strawberry.

Buah yang disebut dengan buah cinta ini memiliki kandungan zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kaya akan vitamin C, tinggi serat, dan rendah kalori akan membantu program penurunan berat badan Anda berhasil. Beberapa khasiat menyehatkan dari Strawberry yaitu:

1)   Kebutuhan vitamin C orang dewasa perharinya dapat dicukupi oleh 8 buah strawberry (98 mg). Kebutuhan vitamin C orang dewasa yaitu 90 mg/hari. Jadi dengan mengkonsumsi delapan buah Strawberry dapat dikatakan melebihi kebutuhan vitamin C harian. Kelebihan vitamin ini tidak berbahaya selama kerja ginjal dan hati berfungsi dengan baik. Namun, jika mengalami gangguan atau penyakit pada ginjal, maka asupan vitamin tidak boleh berlebih.

2)  Mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan pada Strawberry dapat mencegah kerusakan jaringan tubuh oleh radikal bebas (proses oksidasi).

3)  Menurunkan tekanan darah tinggi. Zat warna (pigmen) merah pada Strawberry yang bernama antosianin, dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan potassiumnya juga membantu menurunkan tekanan darah. Maka Strawberry merupakan buah yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

4)     Strawberry sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak. Jika anak sulit mengkonsumsi buah, bentuk Strawberry yang unik dan warna mencolok dapat membuat anak menyukai buah-buahan. Orang tua terutama ibu harus kreatif menyajikan hidangan sehat dengan Buah Strawberry, misalnya kue atau minuman segar berbahan dasar Strawberry.  Melibatkan anak dalam proses pembuatannya juga akan memicu minatnya untuk menyukai Strawberry dan buah-buah lainnya. Ini akan sangat bermanfaat karena kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu pertumbuhan anak secara optimal.

5)   Strawberry hanya sedikit mengandung gula, sehingga cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes mellitus.

6)   Strawberry sebagai anti kanker. Antioksidan pada Strawberry akan melindungi sel-sel tubuh dari zat-zat pemicu kanker (zat karsinogen). American Cancer Society menyatakan bahwa vitamin C pada Buah Strawberry lebih banyak dibandingkan Buah Jeruk.

7)  Mengencangan menyehatkan kulit. Buah Strawberry dapat dijadikan masker untuk wajah yang berkhasiat mengencangkan, meremajakan, dan menyehatkan kulit wajah. Masker dibuat dari beberapa buah Strawberry yang telah dicuci dan dibuang daun dan tangkaianya. Hancurkan strawberry dan usapkan bubur strawberry itu pada kulit wajah, biarkan selama 15 menit. Terakhir bilas dengan air hangat, pemakaian masker dapat dilakukan dua kali dalam seminggu. Masker ini cocok untuk semua jenis kulit. Makan Buah Strawberry secara teratur juga dapat menjadikan kulit halus dan tampak lebih cerah.

8)  Strawberry dapat merawat dan memutihkan gigi. Metode pemutihan gigi banyak dipromosikan, mengingat penampilan fisik secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesuksesan karir seseorang. Namun gaya hidup dan pola makan seperti merokok, minum kopi, dan mengkonsumsi makanan tertentu dapat membuat gigi tampak kekuningan.
Jika ingin gigi tampak putih caranya sangat mudah, yaitu dengan menghancurkan buah strawberry, kemudian ditempelkan beberapa saat pada gigi, lalu sikat gigi seperti biasa. Jika Strawberry yang dihancurkan tersebut dicampur dengan baking soda, maka akan lebih efektif sebagai pemutih gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar