Kamis, 13 Juni 2013

Aneka Buah Obat (Cranberry)

12.
CRANBERRY

Bentuk Buah Cranberry sepintas mirip Buah Ceri dengan warna merah menyala. Buah ini lebih banyak diolah menjadi jus yang kaya akan kandungan zat gizi untuk mengatasi masalah kesehatan. Cranberry memang belum terkenal di Indonesia, namun penduduk Amerika dan Eropa biasa mengkonsumsi buah ini.

Cranberry merupakan sumber antioksidan polifenol, berdasarkan penelitian buah ini berkhasiat untuk masalah atau penyakit pada sistem pembuluh darah, dan kekebalan tubuh, serta sebagai zat anti kanker. Jus Cranberry dapat menghambat pembentukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi, dan berkhasiat untuk penyakit batu ginjal. 

Infeksi Saluran Kemih (ISK) dapat dicegah dan diobati dengan Buah Cranberry. Sebuah perusahaan bahkan telah memasarkan produk yang berupa kapsul berisi ekstrak Cranberry. ISK adalah infeksi bakteri yang terjadi pada saluran kemih yang dapat disebabkan  oleh bakteri E. coli, Staphylococcus aureus, Bacillus proteus, dan Pseudomonas. Bakteri yang tersebut akan menuju kandung kemih atau ginjal dan berkembang biak dalam urin, sehingga mengganggu proses pembuangan air seni (urin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar