Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Senin, 17 Juni 2013

Road To 10000 Pageviews & First Anniversary.

Setelah dicek, artikel pembuka yang hanya terdiri dari satu kalimat sapaan pertama saya di blog ini, tertanggal 31 Juli 2012. Ternyata usia blog ini hampir satu tahun. Sungguh saya sendiri tidak menyangka masih bertahan untuk merawat, menengok, dan sesekali memperbarui tulisan di sini. Bukan apa-apa, nilaamalia14888.blogspot.com ini adalah akun ketiga yang saya miliki dalam dunia blog. Blog pertama juga beralamat di blogspot, tapi karena lama tidak dibuka saya akhirnya sukses melupakan username dan password-nya. Jadi hanguslah akun tersebut, saya katakan demikian karena sama sekali tidak terdeteksi oleh Google.

Selang beberapa tahun kemudian, tanpa sengaja saya menemukan blogdetik.com yang memang memperbolehkan siapa pun bergabung di dalamnya. Iseng-iseng mendaftar, jadilah satu akun di blogdetik.com atas nama nila14888. Lumayan beberapa bulan sempat aktif diisi dengan tulisan baru, tapi lama-kelamaan menyerah juga. Tidak pernah ditengok sampai akhirnya password lagi-lagi terlupakan.

Sempat lama tidak terbesit niat menulis di blog lagi. Dan akhirnya tanggal 31 Juli 2012 mencoba membuat akun blogspot lagi, itu pun hanya aji mumpung saat baru memiliki akun surat elektronik di gmail. Awalnya hanya menargetkan minimal satu bulan satu tulisan, lalu meningkat menjadi satu minggu satu tulisan, tanpa ada niat mencoba peruntungan mengikuti berbagai lomba menulis di blog. Tapi karena blogwalking ke berbagai jenis blog milik para blogger senior, jadi iri dan ingin mencoba satu atau dua jenis lomba yang diselenggarakan secara online.

Salah satunya adalah kompetisi Liga Blogger Indonesia, yang setidaknya memacu para pesertanya untuk membuat minimal dua atau tiga artikel per minggunya. Meski kadang agak memaksakan diri untuk menulis dan isinya tidak nyambung, pokoknya menulis saja. Hasil menang atau kalah belakangan, yang terpenting adalah pengalaman. Ya iya dong, saya cukup sadar siapa saya di jagat per-blog-an ini. Anak baru, bau kencur, masih ingusan, dan dengan sotoy belajar segala hal terkait blog, secara otodidak mengandalkan tips-tips yang banyak dibagi oleh para blogger senior di blog mereka masing-masing.

Liga Blogger Indonesia membuat saya terpacu rutin menulis. Setelah event tersebut usai, dan saya memang tidak mampu memenangkan pertandingan, satu hal baru muncul di dalam pikiran. Yaitu ingin menulis dan mempublikasikan minimal satu tulisan per harinya. Tapi manusia punya rencana, dan berbagai kendala ada saja yang membuat niat itu tidak terealisasi. Namun, setidaknya saya berusaha tetap menulis dan saya kembali menurunkan target. Setidaknya kalau sebulan ada empat minggu, dan saya menargetkan satu minggu ada tiga tulisan, maka minimal dalam sebulan saya harus menghasilkan dua belas tulisan. Ya, 12 buah tulisan baru setiap bulan, di waktu yang tidak ditentukan. Terserah, mau dicicil tiga tulisan per minggu atau dituntaskan sekaligus selama dua minggu berturut-turut.

Akhirnya, sungguh tidak menyangka blog ini masih bertahan sampai detik ini, dengan total kunjungan sebanyak  9.689 pageviews. Kalau jumlah pengunjungnya stabil, maka saya harap di akhir pekan ini sudah mencapai angka ke 10.000. Memang tujuan utama dari memiliki blog bukan semata-mata ingin dikunjungi banyak orang. Tetapi setidaknya, jumlah pengunjung bisa terus memacu semangat untuk terus menulis. Memang kita tidak tahu siapa saja yang membaca tulisan kita, siapa yang suka atau justru muak dengan deretan kata yang kita susun. Tapi setidaknya saya akan tetap berusaha berbagi, dan terus menulis di blog ini sampai saya tidak mampu lagi menulis, sampai jatah usia saya telah habis. This is it, road to 10.000 pageviews ^_^.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar