Rabu, 05 Juni 2013

Mengatasi Insomnia Secara Islami

Hampir semua orang tahu apa yang disebut dengan insomnia. Itu kan yang seluruh atau sebagian ingatannya hilang? Wooi, itu amnesia Neng. Insomnia merupakan keadaan di mana seseorang mengalami gangguan tidur. Sebelumnya admin blog ini pernah menulis tentang insomnia, ya walaupun hanya satu paragraf tidak jelas, karena saat itu mungkin juga sedang menjadi seorang penderita insomnia. Mau tahu tulisannya? Cap cus ke TKP gan...

Menurut kamuskesehatan.com,  Insomnia adalah gangguan di mana orang tidak mendapatkan tidur yang cukup, karena satu atau beberapa faktor. Pada siang hari, penderitanya cenderung memiliki gejala berupa: kantuk di siang hari, kelelahan, dan penurunan kewaspadaan mental. Bentuk insomnia bisa terlihat dalam hal-hal beriku: ketidakmampuan untuk tidur, ketidakmampuan tetap lelap saat tidur atau terbangun di waktu yang terlalu awal, dan belum sempat mendapat tidur yang cukup. 

Berdasarkan waktunya, dibagi menjadi dua kelompok: (1) Insomnia akut, yaitu terjadi dalam periode yang singkat; dan (2) Insomnia kronis, yang gejalanya dialami lebih lama/biasanya lebih dari satu bulan. Sedangkan menurut pemicunya, dibagi menjadi insomnia primer (tidak dapat dikaitkan dengan gangguan lain selain masalah tidur) dan insomnia sekunder (dapat ditelusuri ke sumber lain, seperti: kondisi medis, penggunaan obat-obatan, alkohol, dan gangguan mental seperti depresi berat). *Sumber: http://kamuskesehatan.com/arti/insomnia/


Jadi kurang lebih insomnia itu bisa berupa sulit memejamkan mata walau badan sudah berbaring di atas kasur, atau bisa juga tidur dalam kondisi yang jauh dari kata lelap dan mudah terbangun meski tubuh belum cukup beristirahat. Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengatasi insomnia. Bagi yang sudah mengalami insomnia kronis, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan seorang ahli. Tapi jika kita merasa itu hanya karena ada hal yang menjadi beban pikiran, maka tidak ada cara lain selain berusaha menenangkan diri sendiri.

Bagaimana caranya? Agama apa pun pasti mengajarkan kepada umatnya untuk selalu mengingat Tuhan untuk mendapatkan ketenangan hati. Termasuk Islam, yang jumlah penganutnya terbanyak di Indonesia. Jadi salah satu cara yang patut dicoba adalah membaca wirid menjelang tidur, yang saya kutip dari sebuah buku berjudul "Fikih Wanita: Antara Tinjauan Agama & Medis" (Hj. Saidah Said dan Hj. Mufidah Umaroh Anshori, 2012). Semoga bermanfaat tidak hanya sekedar untuk mengatasi insomnia, tetapi juga menjaga kita supaya selalu dalam keadaan mengingat Allah swt, dalam bangun dan tidur, serta dalam hidup dan mati.

Bacaan wirid menjelang tidur (Berhubung tidak punya aplikasi tulisan Arab, jadi saya tulis latinnya saja.):

1. Bismillaahirrahmaanirrahiim, 21 kali

2. Surat Al-Ikhlas, 7 kali

3. Surat Al-Falaq, 7 kali

4. Surat An-Naas, 7 kali

5. Subhaanallah wal Hamdulillah wa Laa ilaahaillallahuwallahuakbar, 7 kali

6. Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammad wa 'alaa ali sayyidinaa Muhammad, 7 kali

7. Bismillaahilladzii laa yadhlurru syai'un fil ardhli wa laa fis-samaa'i wa huwas-samii'ul 'aliim, 7 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar