Kamis, 13 Juni 2013

Aneka Buah Obat (Blewah)

8.
BLEWAH

Meskipun bentuknya bulat dan secara fisik mirip seperti Buah Labu, Buah Blewah termasuk ke dalam keluarga timun-timunan dengan nama ilmiah Cucumis melo L. Bulan Ramadhan atau Bulan Puasa adalah waktu di mana Blewah menjadi populer karena kesegarannya bila diolah menjadi es buah dengan sirup, susu, dan tambahan buah lainnya. Blewah mengandung gula sederhana yaitu fruktosa dan glukosa yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga sangat cocok dikonsumsi setelah berpuasa.

Kandungan air yang tinggi pada Blewah membuatnya cocok dikonsumsi setelah seseorang berolahraga, berpuasa, dan melakukan berbagai aktivitas yang membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Seperti halnya minuman isotonik yang banyak dijual dengan iming-iming dapat mengganti cairan tubuh yang hilang, Blewah sebagai isotonik alami merupakan pilihan yang tepat.

Blewah juga baik untuk mengatasi asam urat, memelihara kesehatan jantung, paru-paru, pembuluh darah, diabetes, dan obesitas karena kandungan potassiumnya dapat menurunkan tekanan darah, hipertensi (tekanan darah tinggi) merupakan faktor risiko terjadinya beberapa penyakit tersebut. Vitamin A, vitamin C, vitamin B6 yang terkandung dalam Blewah menjadikannya bermanfaat sebagai antioksidan. Dengan demikian masalah kulit dapat dihindari dengan rutin mengkonsumsi Blewah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar