Kamis, 13 Juni 2013

Aneka Buah Obat (Ciplukan)

11.
CIPLUKAN

Physallis peruviana atau Buah Ciplukan sudah jarang ditemukan, bahkan sudah sedikit orang yang mengenal buah yang dibungkus oleh kulit seperti daun ini. Penulis masih ingat saat masa kanak-kanak memainkan buah yang tumbuh liar ini untuk bermain masak-masakan. Mungkin karena tumbuh secara liar inilah ciplukan dalam bahasa inggris diberi nama wild tomato, ada juga yang menamakannya winter cherry atau cutleaf groundcherry.

Tanaman ciplukan diperkirakan berasal dari daerah tropis Amerika dan kemudian tersebar ke berbagai kawasan di Amerika, Pasifik, Australia, dan Asia termasuk Indonesia. Ternyata buah ini dapat mengobati penyakit Ayan atau dalam dunia kedokteran disebut Epilepsi. Hanya dengan memakan 8 – 10 butir Buah Ciplukan yang telah dicuci bersih dapat membantu mengatasi penyakit yang sewaktu-waktu dapat kambuh itu.

Flu, sakit tenggorokan, pembengkakan prostat, dan batuk rejan (batuk yang tidak sembuh-sembuh) juga dapat diobati dengan memanfaatkan seluruh bagian dari tumbuhan Ciplukan. Caranya dengan merebus sekitar 9 – 15 gram bagian tanaman Ciplukan dengan 4 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1 gelas air rebusannya. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar