Jumat, 14 Juni 2013

Aneka Buah Obat (Kelapa)

21.
KELAPA

Siapa tidak mengenal Buah Kelapa? Apalagi dengan es kelapa muda yang sangat menyegarkan bila diminum saat panas sinar matahari menyengat. Pohon tumbuhan kelapa banyak ditemukan di daerah pesisir pantai. Tunas Buah Kelapa menjadi lambang untuk organisasi Pramuka di Indonesia. Sedangkan Buah Kelapa yang sudah tua sering dimanfaatkan sebagai bahan dalam masakan, terutama masakan Indonesia. Parutan kelapa, santan kelapa, atau irisan kelapa adalah berbagai hasil olahan Buah Kelapa tua yang dijadikan bahan masakan.

Buah Kelapa berkhasiat sebagai obat alami, terutama air kelapa yang dapat mengobati dan mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti:

1)      Keracunan.
Khasiat air kelapa sebagai penetralisir racun dapat menjadi pertolongan pertama pada orang yang keracunan, baik tanpa sengaja atau pun disengaja seperti pada kasus bunuh diri. Pasien tetap harus diperiksa oleh dokter, namun air kelapa dapat diberikan sebagai pertolongan pertama seperti halnya susu yang dapat menetralisir racun.

2)      Kecacingan.
Kecacingan merupakan suatu kondisi di mana cacing masuk ke dalam tubuh dan berkembang biak serta mengambil zat-zat gizi yang dikonsumsi seseorang sehingga penderitanya dapat mengalami kekurangan nutrisi. Biasanya kecacingan diderita oleh anak-anak karena tidak mempraktekkan perilaku hidup yang bersih dan sehat.
Namun bukan berarti orang dewasa terbebas dari ancaman cacing. Hal ini dikarenakan terdapat banyak jenis cacing dan cara untuk masuk ke dalam tubuh manusia. Penderita kecacingan dapat meminum air kelapa untuk mengobati kecacingan.

3)      Demam.
Demam atau suhu tubuh yang tinggi dapat diturunkan dengan meminum ramuan yang terbuat dari 1 gelas air kelapa muda ditambah 1 sendok madu. Aduk rata ramuan tersebut, kemudian minum dua kali sehari (pagi dan sore) untuk dewasa.
Selain penurun panas seperti fungsi paracetamol, air kelapa dapat dijadikan obat demam berdarah. Larutan yang terbuat dari air kelapa muda hijau ditambah perasan jeruk nipis ini diminum tiga kali sehari.

4)      Gatal-gatal pada kulit.
Keluhan gatal-gatal biasanya diakibatkan jamur atau bakteri yang muncul akibat perilaku yang tidak bersih atau kulit yang terlalu sensitif pada lingkungan sekitar. Caranya yaitu dengan mengoleskan bubur beras pada bagian yang gatal. Bubur beras dibuat dengan cara merendam beras dalam air kelapa muda di dalam tempurung kelapanya. Rendam selama enam sampai tujuh jam atau hingga beras menjadi asam. Kemudian giling beras rendaman itu sampai halus seperti bubur. Lakukan selama 3 – 4 hari secara teratur, maka rasa gatal akan lenyap.

5)      Mencegah kerutan di wajah.
Setiap orang ingin terlihat awet muda, namun tingkat stres yang tinggi dan gaya hidup tidak sehat dapat membuat seseorang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Ini disebut premature aging atau penuaan dini, salah satu tandanya adalah muncul kerutan di wajah.
Membasuh wajah dengan air kelapa dapat membuat kulit wajah kencang sehingga tidak ada kerutan di wajah. Selain itu bersikap ramah dan murah senyum kepada orang lain dapat membuat wajah tampak lebih muda dan cerah daripada mereka yang jarang tersenyum.

6)      Mencegah timbulnya uban.
Salah satu tanda dari penuaan dini adalah munculnya uban atau rambut bewarna putih meski usia belum mencapai kategori lanjut usia (lansia). Banyak yang mengira bahwa ini adalah murni faktor keturunan, padahal pola makan dapat berpengaruh karena terdapat zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut, misalnya vitamin E.
Air kelapa yang ditambah dengan satu sendok teh garam dapat digunakan pada rambut dan kulit kepala. Pemakaiannya yaitu setelah keramas, dengan memijat-mijat kulit kepala dan dipakai merata pada rambut. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

7)      Meredakan nyeri haid.
Nyeri saat haid dapat menggangu aktivitas sehari-hari, bahkan pada sebagian wanita yang tidak dapat menahan rasa sakitnya dapat pingsan karena masalah ini. Jika rasa sakit sudah seperti ini maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan ada tidaknya penyakit yang bersarang di rahim atau daerah kewanitaan.
Jika nyeri yang dirasa merupakan suatu hal yang wajar dialami saat menstruasi, maka air kelapa dapat membantu meredakan rasa sakit itu. Caranya adalah dengan mencampur satu gelas air kelapa dengan sepotong gula aren, aduk sampai rata. Minum selama tiga hari berturut-turut, dua kali dalam sehari, dan setiap kali minum cukup satu gelas campuran air kelapa dan gula aren tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar