Jumat, 14 Juni 2013

Aneka Buah Obat (Kiwi)

23.
KIWI (BUAH)

Dari bentuk luarnya Buah Kiwi mirip dengan Buah Sawo dengan kulit berwarna coklat muda dan bentuk bulat lonjong seperti telur. Namun daging buahnya ada yang berwarna hijau dan ada juga yang berwarna kuning (kiwi gold). Kulitnya tampak seperti memiliki bulu-bulu halus tidak seperti sawo yang lebih mulus kulitnya. Selain nama buah, kiwi juga merupakan nama burung yang ada di Negara Selandia Baru (New Zealand).

Actinidia deliciosa merupakan nama ilmiah untuk Buah Kiwi. Masyarakat Indonesia lebih sering mengkonsumsi kiwi berdaging buah berwarna hijau dibandingkan yang berdaging kuning. Rasanya segar, manis dan asam, serta kaya akan kandungan vitamin C. Buah Kiwi sering ditambahkan pada beberapa menu terutama untuk makanan penutup, seperti salad buah, puding, dan pai buah.

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat dari Buah Kiwi:

1)      Mengatasi masalah pencernaan.
Mengkonsumsi Buah Kiwi secara teratur dapat mengatasi kembung di perut dan sulit buang air besar (sembelit/konstipasi).

2)      Mencegah dan mengobati sariawan.
Vitamin C adalah vitamin yang dapat mengobati dan mencegah sariawan. Kiwi mengandung sekitar 100 mg vitamin C dalam setiap buahnya, yang lebih banyak dari buah jeruk. Apabila ingin mengkonsumsi 100 mg vitamin C paling tidak mengkonsumsi 1 ½ - 2 buah jeruk dalam sehari.

3)      Cocok untuk menurunkan berat badan.
Kalori atau energi yang dihasilkan dari Buah Kiwi tidaklah banyak, sehingga tidak akan menimbulkan kelebihan kalori yang diubah menjadi lemak pada mereka yang ingin menurunkan berat badan. Tentu saja harus diimbangi dengan pola makan yang baik dan sehat, tidak hanya sekedar ketat membatasi asupan makanan atau sama sekali tidak makan karena ingin kurus.

4)      Bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
Kandungan antioksidan yang tinggi menjadikan Buah Kiwi dapat membuat kulit wajah kencang, bebas kerutan, dan tampak awet muda. Pemakaian masker yang dibuat dari buah kiwi menjadikan kulit lebih elastis dan segar. Sedangkan kandungan omega-3 dalam kiwi digunakan sebagai bahan untuk pembuat kosmetik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar